Latest Updates

Model Pembelajaran Kolaboratif Sebagai Salah Satu Model Pembelajaranyang Dilaksanakan dalam Rangka Mencapai Tujuan Pembelajaran

Belajar kolaboratif bukan sekedar bekerja sama antarsiswa dalam suatau kelompok biasa, tetapi suatu kegiatan belajar dikatakan kolaboratif apabila dua orang atau lebih bekerja sama, memecahkan masalah bersama untk mencapai tujuan tertentu. Model pembelajaran efektif klik di sini.

Dalam menerapkan pembelajaran kolaboratif ini, kita harus memperhatikan prinsip-prinsip belajar sebagai berikut :


  1. Mengajar keterampilan kerja sama, mempraktikkan, dan balikan diberikan dalam hal seberapa baik keterampilan-keterampialn digunakan.
  2. Kegiatan kelas ditingkatkan untuk melaksanakan kelompok yang kohesif.
  3. Detiap individu diberi tanggung jawab untuk kegiatan belajar dan perilaku masing-masing.

Manfaat dari belajar kolaboratif adalah sebagai berikut :


  1. Meningktakan pengetahuan anggota kelompok karena interaksi dalam kelompok merupakan faktor berpengaruh terhadap penguasaan konsep.
  2. Peserta didik belajar memecahkan masalah bersama dalam kelompok.
  3. Memupuk rasa kebersamaan antarsiswa, setiap individu tidak dapat lepas dari kelompoknya, mereka perlu mengenali sifat, pendapat yang berbeda dan mampu mengelolanya.
  4. Meningkatkan keberanian memunculkan ide atau pendapat untuk memecahkan masalah bagi setiap individu yang diarahkan untuk mengajar atau memberi tahu kepada teman kelompoknya jika mengetahui dan menguasai permasalahan.
  5. Memupuk rasa tanggung jawab individu dalam mencapai suatu tujuan bersama dalam bekerja agar tidak terjadi tumpang tindih atau perbedaan pendapat yang prinsip.
  6. Setiap anggota melihat dirinya sebagai milik kelompok yang merasa memiliki tanggung jawab karena kebersamaan dalam belajar menyebabkan mereka juga sangat memperhatikan kelompoknya.

Berikut ini anda bisa lihat penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif klik di sini

Terima kasih semoga bermanfaat...

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

2 Responses to "Model Pembelajaran Kolaboratif Sebagai Salah Satu Model Pembelajaranyang Dilaksanakan dalam Rangka Mencapai Tujuan Pembelajaran"

  1. gimana gan cara nya 1000 traffic per hari ? tolong dong infonya ?

    ReplyDelete
  2. biasa aja... salah satunya konten harus banyak dibutuhkan orang...

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejak Anda dengan Mengisi Kolom Komentar


ViralGen Referral Shopping

Translate