Latest Updates

Langkah-Langkah Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SekolahDasar

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.

Rambu-Rambu Penyusunan KKM

Adapun rambu-rambu dalam penetapan KKM adalah sebagai berikut :


Pertanyaan :
  1. Kapan KKM ditetapkan?
  2. Siapa yang Menetapkan KKM?
  3. Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan apa?
  4. Maksimal Nilai ketuntasan berapa?
  5. Apakah sekolah dapat menetapkan nilai KKM kurang dari nilai maksimal KKM?
  6. Apakah nilai KKM perlu dicantumkan di dalam LHBS?

Jawaban :
  1. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajran
  2. KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
  3. Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
  4. Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
  5. Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
  6. Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS

Mekanisme dan Langkah-Langkah Penyusunan KKM


Kopleksitas Materi 

  • (Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai siswa
  • Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut :


    • SDM (Siswa memahami Kompetensi yang harus dicapai dan kreatifitas serta inovatif dalam melaksanakan pembelajaran
    • WAKTU (sukup lama karena perlu pengulangan
    • PENALARAN dan  KECERMATAN siswa yang tinggi.

Daya Dukung
KEMAMPUAN SUMBER DAYA PENDUKUNG yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan , BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholder sekolah.

Intake        
KEMAMPUAN yang dimiliki oleh peserta didik atau input yang diterima.

Format Penetapan KKM



Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai

A. Dengan memberikan poin pada setiap kriteria yang ditetapkan :
  • Kompleksitas : Tinggi = 1, Sedang = 2 dan Rendah = 3
  • Daya Dukung : Tinggi = 3, Sedang = 2 dan Rendah = 1
  • Intake : Tinggi = 3, Sedang = 2 dan Rendah = 3

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang maka nilainya adalah :

(3+3+2)  x 100 = 88,89 dibulatkan menjadi 89



Contoh Format A

B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria, misalnya :
  • Kompleksitas  : Tinggi = 50-64, Sedang = 65 - 80, Rendah = 81 - 100
  • Daya Dukung   : Tinggi = 81 - 100, Sedang = 65 - 80, Rendah =50 - 64
  • Intake                 : Tinggi = 81 - 100, Sedang = 65 - 80, Rendah =50 - 64

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang maka nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang ditentukan.

Dalam menentukan rentang nilai dan mentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatna forum KKG di sekolah.

Selengkapnya dapat anda Download Di Sini


Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

2 Responses to "Langkah-Langkah Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SekolahDasar"

  1. Alhamdulillah saya sudah mengerti cara menentukan kkm dari laman ini trimakasih dan saya sangat senang degan info2 pendidikan untuk kemajuan belajar di dunia pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah... Makasih kembali atas kunjungan anda di blog ini.... semoga bermanfaat...

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejak Anda dengan Mengisi Kolom Komentar

Translate

Follow by Email