Latest Updates

Cara Sukses, Kiat-Kiat dan Tips Lulus Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2014

lulus ujian nasionalAssalamu Alaikum Wr.Wb.
Tak terasa Ujian Nasional sudah semakin dekat. Ujian Nasional merupakan tempat untuk menunjukkan kompetensi diri peserta didik, karena pada saat itulah hasil belajar peserta didik dievaluasi. Peserta didik yang lulus Ujian Nasional harus memenuhi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Guru sebaiknya memfasilitasi siswa dalam pembelajaran, terutama kepada peserta didik yang akan mengikuti UN tahun 2013 ini. Mereka harus memahami materi ujian melalui Kisi-Kisi Ujian Nasional 2014.



Untuk lulus ujian nasional, berikut ini adalah Kiat dan Tips Lulus UN SD Tahun 2013 :

Secara Teknis

  1. Gunakan Alas Lembar Jawaban yang bagus dan tepat. Pengguanan pengalas Lembar Jawaban (LJ) yang kurang tepat bisa berakibat fatal, LJ bisa berlubang akibat alas yang tidak rata, dan LJ tidak terbaca oleh scanner.

  2. Pilih karet penghapus yang bagus dan bermutu. Menghapus tanda silang atau tulisan pada Lembar Jawaban yang dilakukan dengan tidak sempurna akan berakibat meninggalkan bekas pada LJ, bekas ini bisa saja terbaca oleh scanner, sehingga scanner menganggap ada dua jawaban. Menghapus terlalu sering dengan penghapus kualitas rendah juga bisa berakibat LJ terkelupas atau robek sehingga tidak terbaca oleh scanner.

  3. Pakailah Penggaris Ujian Nasional yang Bermal. Harap mengusahakan (mengisi) menyilang setebal mungkin dan tidak keluar dari batas. Tanda silang yang tidak tebal dapat berakibat tak terbaca scanner. Tanda silang yang tebal dan keluar dari batas dapat berakibat scanner membacanya sebagai dua jawaban dan dianggap salah.

  4. Gunakan Pensil 2B yang bermutu dan Berstndar UN. Pilihlah pensil 2B yang asli dan telah lulus ujian scan. Pensil 2B yang isinya terlalu keras dapat mengakibatkan isian pada lembar jawaban kurang hitam sehingga tidak terbaca oleh scanner. Sebaliknya Pensil 2B yang terlalu lunak dapat mengakibatkan timbulnya residu yang akan mengotori Lembar Jawaban, sehingga scanner membacanya sebagai jawaban ganda (salah). Pilihlah pensil 2B yang hasilnya hilam mengkilat.

Secara Non Teknis
  1. Rajin beribadah dan berdo’a kepada Allah SWT dan Mohon Restu Kedua Orang Tua. Yakinlah setiap pencapaian semuanya atas izin Allah SWT. Berdo’alah agar diberi kemudahan dalam menghadapi Ujian Nasional. Mohon restu kepada kedua orang tua sebelum menghadapi Ujian Nasional agar di beri kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan soal UN.

  2. Banyak Berlatih Menyelesaikan Soal dan Mengacu pada Kisi-Kisi Ujian Nasional. Dengan berlatih menyelesaikan soal membuat terbiasa menghadari berbagai macam soal dan dapat meningkatkan kemampuan dan penguasaan terhadap materi pembelajaran. Di samping itu dengan banayak berlatih dapat menghilangkan grogi dan kecemasan dalam menghadapi Ujian Nasional.

  3. Biasakan Belajar Kelompok. Dengan belajar kelompok kamu kamu tentu bisa berbagi dengan teman-teman dalam memecahkan beberapa soal yang sulit dan pemguasaan terhadap satnadar kompetensi semakin baik. Jadi manfaatkan waktu untuk belajar kelompok.

  4. Bersikap Jujur dan Sportif. Jangan melakukan tindakan tidak terpuji (membeli bocoran atau kecurangan lain) dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Yakinlah bahwa dengan bersikap jujur dan sportif Insya Allah akan diberi kemudahan dan kelacaran dari Allah SWT.

  5. Hindari Belajar Balapan. Belajarlah mulai dari sekarang (jauh-jauh sebelum ujian) sebelum terlambat. Hindari sistem belajar balapan yaitu belajar keras pada saat sudah ujian nasional sudah dekat. Menjelang ujian badan dan pikiran harus dalam kondisi rileks, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

  6. Hindari Kegiatan yang Dapat Mengganggu Konsentrasi. Jika ujian nasional semakain dekat, hindarilah kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi belajar, misalnya : Play Station (PS), Chatting di internet, bermain, nonton televisi dan sebagainya. Manfaatkan waktu yang tinggal beberapa minggu ini untuk konsentrasi dalam menghadapi Ujian Nasional 2013.

Sekian dan Terima Kasih, Semoga Bermanfaat...
Hanya Untuk Berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

0 Response to "Cara Sukses, Kiat-Kiat dan Tips Lulus Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2014"

Post a Comment

Tinggalkan Jejak Anda dengan Mengisi Kolom Komentar


ViralGen Referral Shopping

Translate