Latest Updates

SKRIPSI Lengkap : Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Fiksi di Kelas VI SDN 318 Tobarakka

ABSTRAK

 Muhammad Karwapi. 2012. Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Fiksi di Kelas VI SDN 318 Tobarakka Kecamatan Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo. Skripsi, dibimbing oleh Andi Sukri syamsuri. Program studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.



 Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan kemampuan mengapresiasi cerita fiksi sehingga hasil belajar siswa kelas VI SDN 318 Tobarakka berada pada kualifikasi kurang (K). Hal ini, disebabkan guru cenderung menggunakan  kegiatan individual dengan interaksi searah dalam  mengapresiasi cerita fiksi berdasarkan pengalaman anak itu sendiri. Selain itu, bimbingan murid dalam mengapresiasi belum tergarap secara maksimal, dan hasil apresiasi cerita terbatas pada pemahaman literal pada pelaku cerita, belum sampai pada tindak pemahaman apresiasi rangkaian cerita, latar cerita dan suasana cerita. Dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi cerita fiksi dengan menggunakan model Kooperatif Learning Tipe STAD di SDN 318 Tobarakka ?

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerita fiksi dengan menggunakan model kooperatif learning tipe STAD kelas VI SDN 318 Tobarakka, Kecamatan Pirumpanua, Kabupaten Wajo. Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang terdiri atas tes hasil belajar dan hasil observasi.

 Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan pembelajaran. Setiap siklus melalui empat prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian  ini, pembelajaran mengacu  pada langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif learning tipe STAD yang terdiri atas lima tahapan yang terdiri atas: 1) tahap pembangkitan, 2) tahap pengaitan, 3) tahap pengambaran, 4) tahap penafsiran, 5) tahap penilaian.

 Berdasarkan data hasil penelitian siklus I diperoleh tingkat keberhasilan 66,66%, dan siklus II sudah mencapai 83,33%. Kesimpulan pembelajaran yaitu kemampuan mengapresiasi cerita fiksi pada murid kelas VI SDN 318 Tobarakka, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD.

Selengkapnya dapat anda Download Di Sini

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

3 Responses to "SKRIPSI Lengkap : Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Fiksi di Kelas VI SDN 318 Tobarakka"

  1. Ada PTK PAI metode kooperatif STAD;,klau ada bsa dkirimkan ke e-mail..
    Sya mmbutuhkan panduanx

    ReplyDelete
  2. bisa kah ngirim skripsinya judul di atas

    ReplyDelete
  3. mau tanya, apakah model STAD bisa digunakan untuk menanggani kejenuhan pelajaran di dalam kelas?

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejak Anda dengan Mengisi Kolom Komentar

Translate

Follow by Email